About Windows More on this category »
Photoshop More on this category »
About Andeoid More on this category »

Cara Mudah Menampilkan Dokumen PDF di Form

Berikut ini kita akan mencoba untuk menampilkan dokumen PDF ke dalam form. Untuk melakukannya kita nanti akan menggunakan kontrol ActiveX Microsoft Web Browser.Syarat agar dokumen PDF dapat ditampilkan melalui kontrol ActiveX Microsoft Web Browser adalah di PC atau laptop teman-teman harus sudah terinstall Adobe Acrobat Reader.Di bawah ini adalah contoh tampilan form yang telah menggunakan kontrol ActiveX Microsoft Web Browser untuk menampilkan PDF.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang teman-teman dapat ikuti,untuk dapat menggunakan kontrol ActiveX Microsoft Web Browser untuk menampilkan PDF:

1.Pertama kita tambahkan dulu kontrol ActiveX Microsoft Web Browser dengan cara menambahkan kontrol ActiveX Control(OleControl) ke dalam form,seperti gambar di bawah ini.

2.Setelah tampil jendela Insert Object,pilih Microsoft Web Browser seperti gambar di bawah ini.

3.Setelah di tambahkan di form,maka kontrol Microsoft Web Browser akan tampak seperti gambar di bawah ini

4.Selanjutnya sesuaikan ukuran dari olecontrol(Microsoft Web Browser) diatas sesuai keinginan dan sebagai contoh tambahkan satu Commandbutton di bawahnya seperti gambar diatas dan di procedure click milik Commanbutton tersebut ketikkan source code berikut ini.

thisform.olecontrol1.navigate(GETFILE("pdf"))

Syntak diatas digunakan untuk memilih file PDF dan kemudian menampikannya ke dalam form melalui kontrol ActiveX Microsoft Web Browser.

5.Jalankan form dan kemudian klik CommandButton untuk memilih dokumen PDF yang ingin dibuka.

Sumber :  http://www.foxpromania.com

Sekian Dan Semoga Bermanfaat...
photo-avatar
Terima Kasih Sobat sudah membaca Artikel saya Tentang Cara Mudah Menampilkan Dokumen PDF di Form Silahkan tinggalkan jejak lewat form komentar untuk mempermudah Admin berkunjung balik ke blog sobat. Mau share ulang Article saya ini..? silahkan ..!! tentunya dengan Judul dan narasi yang berbeda dan jangan lupa untuk mencantumkan link sumber..Terima Kasih

1 komentar:

terimkasih ats pencerahannya, tapi dalam praktek sy menemui kendala bahwa acrobat yang dipanggil berada diluar form,selain itu dalam form keluar pesan bahwa alamat yang dituju tidak dapat ditampilkan "navigation to the website was canceled, retype the addrese...mhon pencerahannya...tq banget

Balas

Terima kasih atas komentar anda !

Copyright © 2012. Adje Desain Grafis - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib - Proudly powered by Blogger