About Windows More on this category »
Photoshop More on this category »
About Andeoid More on this category »

Source Code to Backup dan Restore Database MySQL

Berikut ini adalah cara atau trik yang bisa digunakan untuk melakukan fungsi backup dan restore database MySQL.Source code yang digunakan untuk melakukan backup dan restore database MySQL ini berasal dari perintah backup dan restore database MySQL dari Command Prompt yang kemudian kita coba adopsi ke dalam Source Code Visual Foxpro.OK Selanjutnya kita langsung saja,berikut penjelasan dari  fungsi backup dan restore tersebut.
Command yang biasanya dijalankan di Command Prompt untuk mem-Backup Database Mysql ke dalam file SQL adalah sebagai berikut:

mysqldump -u username -ppassword database_name > File_hasil_Export.sql

Command diatas bila ingin dijalankan melalui Visual Foxpro menjadi Source Code Berikut.(Misal usernamenya adalah root dan passwordnya admin serta database yang akan di backup adalah dbpos)

EXECSCRIPT("! mysqldump -u root -padmin dbpos > " + ;
 "c:\File_hasil_Export.sql")


Sedangkan Command yang biasanya dijalankan di Command Prompt untuk me-Restore Database Mysql dari file SQL adalah sebagai berikut:

mysql -u username -ppassword database_name < File_Hasil_Export.sql

Command diatas bila ingin dijalankan melalui Visual Foxpro menjadi Source Code Berikut.(Misal usernamenya adalah root dan passwordnya admin serta database yang akan di restore adalah dbpos)

EXECSCRIPT("! mysql -u root -padmin dbpos < " +;
 "c:\File_Hasil_Export.sql")


Untuk lokasi penyimpanan file backup dan file yang ingin digunakan untuk me-restore yang ditandai dengan warna merah diatas,silahkan teman-teman kembangkan dan buat kustomisasi sendiri bila ingin lebih dinamis.
Selanjutnya yang perlu diperhatikan,jika ingin bisa mengakses mysql dan mysqldump seperti cara diatas tanpa menyertakan path lengkapnya(misal c:\mysql\bin\mysql.exe) adalah saat konfigurasi Mysql Server,"include bin directory..."harus diaktifkan seperti gambar di bawah ini:


Sumber : http://www.foxpromania.com


Sekian Dan Semoga Bermanfaat...
photo-avatar
Terima Kasih Sobat sudah membaca Artikel saya Tentang Source Code to Backup dan Restore Database MySQL Silahkan tinggalkan jejak lewat form komentar untuk mempermudah Admin berkunjung balik ke blog sobat. Mau share ulang Article saya ini..? silahkan ..!! tentunya dengan Judul dan narasi yang berbeda dan jangan lupa untuk mencantumkan link sumber..Terima Kasih

Terima kasih atas komentar anda !

Copyright © 2012. Adje Desain Grafis - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib - Proudly powered by Blogger