About Windows More on this category »
Photoshop More on this category »
About Andeoid More on this category »

Seri 5 : Pembuatan Primary Key,Unique Key dan Foreign Key di MySQL

PRIMARY KEY

Primary key merupakan constraint yang diterapkan ke sebuah tabel atau lebih kolom sehingga mempunyai nilai unik dalammengidentifikasi baris-baris pada suatu kolom. Kolom-kolom tersebut disebut kolom-kolom primary key. Kolom primary key tidak boleh berisi NULL karena digunakan secara unik untuk mengidentifikasi baris-baris pada suatu tabel. Primary key berguna untuk memastikan integritas seluruh data .
Untuk lebih jelasnya, Lihat contoh berikut.

penggunaan primary key

Pada baris paling bawah terlihat bahwa id digunakan sebagai PRIMARY KEY karena kolom id dianggap sebagai kolom yang unik. Hasilnya seperti di bawah ini.

spesifikasi kolom-kolom pada tabel karyawan

Terlihat diatas pada baris id, kolom KEY terdapat tanda PRI, ini bararti bahwa kolo id digunakan sebagai PRIMARY KEY.

UNIQUE KEY

Unique Key digunakan untuk memberikan keunikan pada kolom yang bukan merupakan kolom primary key. kolom primary key secara otomatis memberi constraint yang unik. Constraint dari unique key hjampir sama dengan primary key. Perbedaannya hanya pada kolom unique key dapat disis NULL, sedangkan primary key tidak dapat diisi NULL.Sebagai contoh lihat gambar berikut.

penggunaan Unique key

Terlihat pada gambar diatas pembuatan unique key terdapat pada baris terakhir dan pada kolom jabatan. Unique key dapat lebih dari satu dan dapat dilakukan secara bersamaan.Sebagai contoh lihat gambar berikut.

pepbuatan unique key lebih dari satu

Unique key pada tabel diatas terdapat pada kolo/field nama dan no_telepon. Kolom diatas dipilih sebagai unique key karena dianggap sebagai kolom yang unik. Pada kolom-kolom kemingkinan untuk mempunyai data yang sama tidak mungkin. Setelah di-DESCRIBE, akan tampak seperti berikut.

spesifikasi tabel biodata_diri dengan unique key lebih dari satu

FOREIGN KEY

Foreign key merupakan batasan/constrain untuk membuang ketidakkonsistenan dua tabel ketika data pada sebuah tabel tergantung kepada data yang ada di tabel lain.  Sintaks foreing key sebagai berikut.

[CONSTRAINT constraint_name FOREIGN KEY (kolom_name
[,kolom_name [, ...]] )
REFERENCES table_name (kolom_name [,kolom_name
[,...] ) ) ]

Untuk memperjelas sintaks diatas lihat contoh berikut.

tabel product

Setelah Anda membuat tabel product, kemudian buat tabel costumer.

tabel costumer

Setelah Anda membuat tabel costumer,buatlah tabel pesanan_product. Pada tabel pesanan_product inilah akan diterapkan foreign key, yang menghubungkan tabel product dan tabel costumer.

pembuatan foreign key

bersambung...

Sekian Dan Semoga Bermanfaat....
photo-avatar
Terima Kasih Sobat sudah membaca Artikel saya Tentang Seri 5 : Pembuatan Primary Key,Unique Key dan Foreign Key di MySQL Silahkan tinggalkan jejak lewat form komentar untuk mempermudah Admin berkunjung balik ke blog sobat. Mau share ulang Article saya ini..? silahkan ..!! tentunya dengan Judul dan narasi yang berbeda dan jangan lupa untuk mencantumkan link sumber..Terima Kasih

2 komentar

Artikel yang bermanfaat makasih atas infonya ya gan
Niche blog :)

Balas

gaka bearhasial bro :/

Balas

Terima kasih atas komentar anda !

Copyright © 2012. Adje Desain Grafis - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib - Proudly powered by Blogger