About Windows More on this category »
Photoshop More on this category »
About Andeoid More on this category »

3 Hal Yang Bisa Dilakukan Oleh File Host Di Windows

Di setiap sistem operasi baik itu di Windows, Mac ataupun Linux. Kamu akan menemukan file yang bernama file bernama host, jadi apa sebenarnya file host ini? File host adalah file yang dapat mengatur sebuah nama domain (website) dalam bentuk IP address. Jadi apa yang menurut kamu bisa dilakukan oleh file host? File host ini bisa kamu edit, memblokir situs, mengalihkan situs, shortcut situs dan masih banyak lagi.
Di Windows kamu dapat menemukan file host di dengan membuka folder c:\windows\system32\drivers\etc\, sedangkan di Ubuntu dan distro linux lain kamu bisa mengedit host file secara terminal. Kamu juga bisa menggunakan editor atau GUI text editor seeperti VIM. Seperti di Windows 7, file Host di Ubuntu terletak di etc/folder. Sedangkan di Mac hampir sama seperti di Ubuntu, kamu bisa menggunakan terminal, editor ataupun GUI text editor dengan mengetikkan sudo vim /etc/hosts. Sudah jelaskan sekarang? Nah sekarang Saya akan membagikan tips mengenai apa yang bisa dilakukan file host di Windows.

Memblokir Situs
Kamu bisa menggunakan file host sebagai pemblokir situs, sehingga kamu tak perlu menginstall software pendukung. Selain itu ini juga bisa mengamankan anak-anak untuk tidak membuka situs dewasa, karena tidak menggunakan software. Jadi anak akan tetap bingung dan walaupun mengutak-atik komputer, dia tidak dapat menemukan bagaiaman caranya membuka pemblokiran ini. Berbeda jika dia sangat mahir sekali menggunakan komputer seperti Bill Gates. Caranya sangat mudah, kamu cukup buka folder C:\Windows\System32\drivers\etc dan buka file host.
Membuka file host memerlukan teknik khusus, pertama-tama kamu buka notepad yang telah di Run as administrator. Kemudian geser file host ke notepad tadi. Ini dilakukan agar kamu dapat menyimpan hasil editan di file host.
Kemudian untuk memblokir situs yang kamu inginkan, cukup ketikkan IP localhost yaitu 127.0.0.1 kemudian di sampingnya di ketikkan situs yang kamu ingin blokir.

Membuat Shortcut Situs
Kamu juga bisa membuat shortcut untuk membuka situs favorit dengan menggunakan file host. Misalkan saja kamu sangat menyukai PusatGratis, kamu bisa membuat shortcut dan tidak perlu mengetikkan www.pusatgratis.com lagi pad URL bar di browser. Caranya sangat mudah, pertama-tama kamu harus mengetahui alamat IP dari situs yang kamu sukai. Buka Start Menu>Accessories>Command Prompt dan ketikkan ping pusatgratis.com. Perhatikan kotak merah yang PG tandai, itu adalah alamat IP yang digunakan oleh pusatgratis.com.
Ketikkan 69.65.15.57 p di file host, kemudian jangan lupa simpan.
Sekarang kamu bisa membuka pusatgratis tanpa menggetikkannya dengan lengkap.

Mengalihkan Situs
Kamu juga bisa mengalihkan sebuah situs ke situs lain loh, trik yang satu ini bisa untuk mengjahili teman kamu. Contohnya saja jika teman kamu biasa membuka facebook.com, maka kamu bisa mengalihkannya ke twitter.com. Sangat jahil memang :p, namun ini juga bisa kamu manfaatkan untuk membatasi anak-anak agar tidak membuka situs dewasa juga. Caranya dengan mengetikkan alamat IP kemudian diikuti dengan alamat situs yang akan dialihkan ke alamat IP.

Contoh: berikut ini adalah alamat IP pusatgratis yang akan menerima pengalihan dari IP facebook.
Menarik bukan info dari adjedesaingrafis? Jika kamu masih mempunyai tips lain mengenai file host di Windows, tinggalkanlah komentar di bawah ini :)
Sumber:http://www.pusatgratis.com/

Sekian Dan Semoga Bermanfaat...
photo-avatar
Terima Kasih Sobat sudah membaca Artikel saya Tentang 3 Hal Yang Bisa Dilakukan Oleh File Host Di Windows Silahkan tinggalkan jejak lewat form komentar untuk mempermudah Admin berkunjung balik ke blog sobat. Mau share ulang Article saya ini..? silahkan ..!! tentunya dengan Judul dan narasi yang berbeda dan jangan lupa untuk mencantumkan link sumber..Terima Kasih

Terima kasih atas komentar anda !

Copyright © 2012. Adje Desain Grafis - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib - Proudly powered by Blogger