About Windows More on this category »
Photoshop More on this category »
About Andeoid More on this category »

Tipe-tipe Tabel MySQL

Salah satu kelebihan dari MySQL adalah Anda dapat mendefinisikan tipe untuk tiap tabel.MySQL mendukung beberapa tipe tabel,tergantung konfigurasi saat proses instalasi MySQL.MySQL memiliki 3 (tiga) tipe data utama,yaitu MyISAM, InnoDB dan HEAP.
Jika kita tidak menyebutkan tipe tabel saat membuat tabel,maka tipe tabel otomatis akan dibuat sesuai konfigurasi default server MySQL.Hal ini ditentukan oleh variabel default-table-type di file konfigurasi MySQL.

1.MyISAM
Tipe tabel MyISAM merupakan tipe tabel yang sederhana,stabil dan mudah digunakan.Jika kita akan menyimpan data sederhana yang tidak terlalu rumit,maka gunakanlah tipe tabel ini.Kelebihan utama MyISAM adalah kecepatan dan kestabilannya.Jika kita memilih tipe tabel MyISAM, maka MySQL secara otomatis akan menentukan salah satu dari tiga jenis tabel MyISAM,yaitu :

a.MyISAM static.Jenis ini digunakan ketika semua kolom dalam tabel didefinisikan dengan ukuran yang pasti (fixed).Dengan kata lain,tidak ada kolom yang memiliki tipe seperti VARCHAR,TEXT dan BLOB. Karena sifatnya yang fixed,maka jenis ini akan lebih cepat,aman dan stabil.

b.MyISAM dymanic.Jenis ini digunakan ketika terdapat kolom dengan tipe yang dinamis,seperti tipe kolom VARCHAR.Keuntungan utama dari jenis ini adalah ukuran yang dinamis.Jadi sifatnya lebih efektif karena ukuran data (file) menyesuaikan isi dari masing-masing kolom (field).

c.MyISAM Compressed.Kedua jenis MyISAM, static dan dynamic dapat dikompresi menjadi satu jenis yaitu MyISAM Compressed dengan perintah myisamchk.Tentunya hasilnya lebih kecil dari segi ukuran. Tabel yang terkompresi tidak dapat dikenakan operasi seperti INSERT, UPDATE dan DELETE.

2.InnoDB
Tipe tabel InnoDB merupakan tipe tabel MySQL yang mendukung proses transaksi.Tipe ini memiliki beberapa keunggulan,antara lain:
a.Mendukung transaksi antar tabel.
b.Mendukung row-level-locking.
c.Mendukung Foreign-Key Constraints.
d.Crash recovery.

3.HEAP
Tabel dengan tipe HEAP tidak menyimpan datanya di hardisk,tetapi menyimpan di RAM (memori).Tipe tabel ini biasanya digunakan sebagai tabel sementara (temporary).Tabel secara otomatis akan dihapus (hilang) dari MySQL saat koneksi ke server diputus atau server MySQL dimatikan.

Sekian Dan Semoga Bermanfaat...
Judul Artikel :Tipe-tipe Tabel MySQL
photo-avatar
Terima Kasih Sobat sudah membaca Artikel saya Tentang Tipe-tipe Tabel MySQL Silahkan tinggalkan jejak lewat form komentar untuk mempermudah Admin berkunjung balik ke blog sobat. Mau share ulang Article saya ini..? silahkan ..!! tentunya dengan Judul dan narasi yang berbeda dan jangan lupa untuk mencantumkan link sumber..Terima Kasih

Terima kasih atas komentar anda !

Copyright © 2012. Adje Desain Grafis - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib - Proudly powered by Blogger