About Windows More on this category »
Photoshop More on this category »
About Andeoid More on this category »

Dasar-dasar Penggunaan Brush Photoshop Bagi Pemula

Langkah 1: Download Brush

Saya biasanya mengandalkan deviantart karena situs ini merupakan one stop resource bagi para desainer. Deviantart menyediakan resource stock gambar, portofolio banyak desainer, termasuk brush Photoshop.  Di kotak search isikan brush yang ingin kita cari. Untuk tutorial ini kita membutuhkan brush berbentuk bunga jadi kita isikan saja floral brush. Dari hasil search saya memilih salah satu brush yang tersedia.

Dari halaman brush Anda tinggal klik link download. Brush yang tersedia biasanya dalam format terkompresi (zip dan rar) kadang juga dalam format file brush (abr).


Cara lainnya Anda bisa browsing dengan memasuki Category|Resources & Stock Images|Photoshop Brushes. Masukkan kata kunci untuk mem-filter data yang muncul. Saya pilih splatter untuk brush yang kedua.


Langkah 2: Mulai Menggambar

Buat file baru dengan ukuran 640×480 px.





Langkah 3

Aktifkan tool brush, klik kanan di atas gambar. Klik panah kecil di pojok kanan atas dan pilih Load Brushes. Dari kotak dialog berikutnya pilih file brush splatter yang telah didownload.


Langkah 4

Brush splatter akan ada di bagian bawah daftar brush. Klik salah satu bentuk brush dan atur ukurannya.

Langkah 5

Buat layer baru lalu klik gambar untuk membuat satu splatter.



Langkah 6

Salah satu masalah dengan brush custom adalah hasilnya bisa terlihat mirip jika diulang-ulang begitu saja. Agar terlihat bervariasi, buka panel Brushes (F5) lalu klik dan geser gambar preview untuk memutar brush.

Dengan cara ini hasil brush akan terlihat bervariasi.


Langkah 7

Goresan brush-brush ini saya buat dengan warna default, hitam. Warna ini tidak begitu cocok dengan desain yang kita inginkan. Saya bisa jadi menghapus ini dan mengulang lagi dari awal. Tapi saya lakukan trik simple di sini. Ubah warna depan ke warna yang diinginkan lalu tekan shift+alt+delete.



Langkah 8

Lakukan terus pembuatan brush kali ini menggunakan brush floral.



Langkah 9: Menyempurnakan Gambar

Pembelajaran dasar-dasar brush sudah selesai. Tapi saya akan maju lebih jauh untuk membuat gambar lebih menarik.  Buat lagi layer baru. Tekan ctrl+A lalu klik Edit|Stroke. Gunakan width yang sangat besar.






Langkah 10

Tekan ctrl+J untuk menggandakan garis stroke. Klik Filter|Blur|Gaussian Blur.


Langkah 11

Saya ingin membuat warna gambar terlihat lebih menyala. Jadi, saya tambahkan adjustment layer Color Balance dengan setting berikut.


dan Hasilnya..









Sekian dan Semoga Bermanfaat...

photo-avatar
Terima Kasih Sobat sudah membaca Artikel saya Tentang Dasar-dasar Penggunaan Brush Photoshop Bagi Pemula Silahkan tinggalkan jejak lewat form komentar untuk mempermudah Admin berkunjung balik ke blog sobat. Mau share ulang Article saya ini..? silahkan ..!! tentunya dengan Judul dan narasi yang berbeda dan jangan lupa untuk mencantumkan link sumber..Terima Kasih

Terima kasih atas komentar anda !

Copyright © 2012. Adje Desain Grafis - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib - Proudly powered by Blogger